aaargh!!! · transportasi

Merasakan Kembali Lalu Lintas Ibukota


Sebagai pegawai yang tugasnya cuma belajar (baca: pegawai tugas belajar) dan ngekos di deket kampus (seperti yang dijabarkan di postingan sebelumnya), udah lama rasanya gw ga ngamuk2-misuh2-marah2-sumpahserapah mengenai angkutan kota dan lalu lintas ibukota. Yaiyalah… berhubung punya waktu yg fleksibel buat milih waktu pulang ke rumah dan selalu berusaha menghindari rush hour jakarta yang jahanam banget itu.

Nah biasanya jadwal pulang gw adalah Jumat sore (karena kuliah baru beres hari itu) dan moda transportasi yang gw pilih adalah kereta Commuter Line yang (cukup) nyaman, aman, dan ekonomis. Naik dari stasiun Pondok Ranji, turun di Manggarai, trus nebeng bokap deh yang pulang kantor (gw paksa) lewat situ :D.

Dan Jumat kemaren pun tak terkecuali. Naik dari Pondok Ranji semua masih aman terkendali. Sampe di Tanah Abang, keretanya berhenti lamaaaaa banget. Emang biasanya kalo di Tn. Abang “ngetem” lebih lama daripada di stasiun-stasiun lain sih, tapi ini super lama. Lima belas menit, belum ada tanda-tanda kereta jalan. Dua puluh menit, masih anteng aja. Dua puluh lima menit kemudian baru ada pengumuman kalo keretanya ga sampe Manggarai. Mau langsung balik ke Serpong. Bangke! 😡

Dan kami pun penumpang-penumpang yang tujuannya masih ke Sudirman dan Manggarai (FYI, urutan stasiunnya Tn. Abang-Sudirman-Manggarai) mau gak mau ya turun. Disambut gegap gempita oleh penumpang yang mau ke Serpong. Usut punya usut ternyata stasiun Sudirman mati listrik atau entah apa, jadi ya keretanya ga bisa lanjut.

AAAARGH!!! Emosi. Aku sungguh emosi.

Tanya-tanya dikit, katanya kereta pada ga bisa ke Manggarai.

Mikir. Mikir. Mikir.

Apa gw harus keluar dari stasiun Tanah Abang dan lanjut naik bus? Tapi tadi abis baca timeline twitter, kayaknya jalanan Jakarta lagi aduhai banget. Mana abis ujan kan ya… Jakarta di hari Jumat, jam pulang kantor, plus hujan gede. You do the math 😀

Selain itu… terakhir kali gw naik angkot dari/ke stasiun Tanah Abang itu beberapa tahun yang lalu. Jadi ga yakin harus naik bus dari mana. Apa di depan stasiun langsung ada bus? Atau harus jalan dulu? Kalo jalan ke arah mana?

Berbagai pikiran berkecamuk di otak gw. *tsaaah*

Akhirnya nelpon bokap. Bilang ga usah jemput di Manggarai. Ntar gw pulang sendiri *padahal masih belom tau mau naik apa*

Pas banget abis itu hujan gede banget. Mau keluar juga males. Akhirnya memutuskan buat solat magrib dulu. Alhamdulillah abis solat, *tring* dapet ilham. Hmmm… Ini kan di Tanah Abang ya, siapa tau ada yang ke Jatinegara gitu. Atau naik yang ke arah Bekasi, siapa tau lewat Stasiun Pondok Kopi. *bagi yang ga tau nama-nama tempat yang gw sebutin pokoknya itu lumayan deket dari rumah gw lah :D*. Akhirnya memutuskan buat nanya di loket. Di depan loket ada PKD (sejenis satpam?) tanya-tanyalah gw, kereta ke Bekasi tuh lewat mana. Ntah itu si PKD ga ngerti bahasa Indonesia, atau jangan-jangan gw ngomong pake bahasa asing, jawaban dia ga nyambung lah sama gw.

Akhirnya ke depan loket *yang alhamdulillah sepi jadi ga merasa bersalah mau nanya2 banyak*, nanya ke masnya kereta Bekasi lewat mana, eh dia bilang lewat Manggarai.

Gw: Hah? Bukannya katanya ga bisa ke Manggarai mas?

Dia: ke Manggarai kok mbak

Akhirnya gw beli tiket kereta yg ke Bekasi. Berdoa keras supaya si masnya bener. Cek-cek di twitter, ternyata kereta yang ke Manggarai muter lewat stasiun Kota atau apalah hanya Tuhan dan masinis dan yang ngurusin kereta yang tau *maksudnya cuma orang-orang awam macam gw yang ga tau*. Alhamdulillah.

Eh pas sampe di peron 5, ternyata ada halo-halo kereta yang bakal lewat yang ke Depok. Loh, Bekasi kapan? Tanya-tanya lagi, kereta ini juga lewat Manggarai. Hmmm… Naik yang ke Depok aja kalo gitu. Yang ke Bekasi belom tau kapan.

Nunggu. Nunggu. Nunggu.

Sambil parno megang backpack erat-erat karena awalnya dengan polosnya gw naro backpack di punggung dan ada mas-mas yang mepet2 (padahal siapa tau si masnya cuma lagi lewat yah). Dan disuruh-suruh PKD nyolot buat kesonoan dikit. Mau nyolot balik, tapi kayaknya dia lebih capek dari gw ngurusin calon penumpang yang susah diatur.

Akhirnya naik kereta. Nanya-nanya lagi buat memastikan lewat Manggarai apa nggak. Katanya lewat. Alhamdulillah lagi. Udah deg-degan pas pemeriksaan karcis karena megang karcis yang ke Bekasi padahal keretanya ke Depok eh taunya yang turun di Manggarai ga diperiksa. Kembalikan 5.500 gueeee!!! *perhitungan*

Dan alhamdulillah selamat sampai Manggarai. *tepuk tangan*

Eits… tunggu dulu! Anda pikir ceritanya sampai di sini? Tentu tidak.

Keluar stasiun, lanjut naik metromini 61 jurusan Kampung Melayu. Karena dulu pas naik metromini ini pernah kelewatan turun karena ternyata sebenernya ga nyampe terminal Kp Melayu *hampir aja balik lagi ke Manggarai* jadinya sekarang was-was dan hati-hati supaya ga kelewatan. Dan hasilnya? Gw turun kecepetan -___-”

Turunnya sih masih di Jatinegara. Kalo yang pernah lewat Jatinegara tau kan jalan yang membelah Jatinegara ke arah Matraman? Nah gw turun di situ. Padahal mestinya turun yang ke arah Kampung Melayu. Deket sih…  dan rame  (kalo siang). Nah kalo malem lain lagi ceritanya. Toko-tokonya udah pada tutup dan penerangannya minim. Horor abis. Hampir-hampir mirip sama kejadian salah turun pas naik transjakarta ini lah. 😐

Tanpa ba-bi-bu langsung jalan buru-buru dan ketemu mikrolet 31 yang akan membawa gw ke tujuan akhir. Yaaay! Not! Ternyata abangnya masih mau ngetem dulu… *nangis sesenggukan*. Setelah ngetem-jalan-kena macet-ngetem lagi-jalan ugalugalan bikin badan gw berasa mau lepas-ngetem lagi-jalan ngebut-dsb-dst selama satu jam, akhirnya  sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa (tapi tidak dengan jiwa gw) ke depan komplek rumah. *sujud syukur*

 

Minggu depan pulang naik apa ya? *trauma keretanya kenapa-kenapa lagi*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s