aaargh!!! · transportasi

Those Little A-s


Pernah merhatiin huruf-huruf A yang ada di angkot?

Nggak?

Harus! Kalo nggak bisa bernasib seperti gw di Jumat kemaren. Pulang kantor kesorean (entah kesambet apa gw mau pulang lewat dari jam 5 pada hari Jumat!!!) sehingga memutuskan untuk naik bis apa aja yang akan lewat Kebon Jeruk dan nggak menunggu bis yang langsung ke Bekasi seperti biasanya. Di tengah hujan rintik-rintik gw ngeliat ada patas AC 74 ke arah Kp. Rambutan, tanpa babibu gw langsung naik dan duduk manis.

Tapi ternyata bisnya jalan terus ke arah BSD dan bukannya masuk tol ke arah Kebon Jeruk. Loh? Loh? Loh? Ada apa ini? Dan setelah gw liat-liat lagi, ternyata yang gw naikin adalah AC 74A yang emang tujuannya ke arah Kp. Rambutan tapi lewatnya BSD dan bukan tol dalam kota seperti AC 74. Siaaaal! Gw buta banget sama daerah Pasar Rebo, Kp. Rambutan dan sekitarnya.

Mencoba tenang, gw memutuskan nanti pas gw udah turun gw akan naik patas entah nomor berapa yg jurusan Kp. Rambutan – Bekasi, sehingga gw bisa turun di Jatibening seperti biasanya (mengambil pengalaman karena pernah diturunin samaawak bis AGRA Mas). Nah, yang menjadi masalah adalah gw gak tau harus turun di mana buat naik patas jurusan Bekasi itu. Dulu mah pas diturunin, gw udah di depan jalanan mau masuk tol tulisan Cawang dan bis tersebut datang di tengah kebingungan gw layaknya seorang pangeran di atas kuda putih πŸ˜€ .

Tapi kemaren? Pas nyampe daerah Pasar Rebo dan banyak orang yang turun, akhirnya gw ikut turun juga, karena takut kebawa sampe terminal Kp. Rambutannya dan sepertinya itu bukan ide bagus. Dan gw pun turun di Pasar Rebo ngikutin orang-orang itu jalan ke arah lampu merah. Hmmm… sepertinya gw cukup familiar dengan jalanan ini. Dan gw melihat mikrolet 06. Aha! Itu kan ke arah Cawang, dan untuk memastikan gw nanya ke abangnya, “Cawang bang?” dan si abang pun mengiyakan.

Rencana gw adalah turun di Cawang (lampu merah yang abis UKI) dan nyebrang buat naik patas yang ke Bekasi itu (tetep setia nyari tu bis). Duduk manis, mikrolet melaju. Sampe di lampu merah depan PGC, seharusnya kalo semua berjalan sesuai rencana tu mikrolet belok kanan, tapi tentu tidak ada yang berjalan sesuai rencana, mikrolet berjalan terus ke arah Kp. Melayu. Loh lagi? Gw celingak celinguk, liat tulisan di kaca mikrolet Gandaria – Kp. Melayu. Dan gw pun tersadar, seharusnya gw naik mikrolet 06A yang lewat UKI. Akhirnya gw memutuskan buat melepaskan mimpi gw naik patas jurusan Bekasi itu dan doing it old skool (maksudnya naik mikrolet menyusuri Kalimalang seperti jaman sekolah dulu).

Maaaaan!!! Gara-gara gak merhatiin huruf A di nomer trayek kendaraaan umum, gw harus menempuh hampir 1,5 jam ekstra karena muter-muter Jakarta Timur dulu.

So the moral of the story adalah

– perhatikan nomer trayek yang anda naiki (termasuk setiap huruf di dalamnya)

– tanya sejelas-jelasnya, kalo perlu berkali-kali sambil bilang “yakin bang?” (soalnya si abang suka iya-iya aja biar cepet)

– kalo sadar salah naik angkot, jangan gengsi untuk turun (apalagi kalo belum jauh, kalo udah kejauhan sih cari aja alternatif lain, kalo gak tau alternatif lain naiklah taksi)

p.s. kalo pusing baca rute dan nomer angkotnya silahkan googling atau liat ke sini. Kalo ngerasa “kasian amat sih naik angkot, naik taksi donk!” tunggu sampe kau merasakan punya rumah di daerah suburban *lirik okitya* πŸ˜€

8 thoughts on “Those Little A-s

  1. 😈
    hwahahaha… —perasaan gw mau balik kantor jam 1 pagi pun… adem ayem aja perjalanan kekosan… πŸ˜€

    wah.. syukurlah kalo elu selamat, neng..
    itung itung latian Rodeo keliling kota..

    —tips dari gw kalo nyasar di kota biadab ini adalah..
    –nelpon sefthina…
    dia adalah wikipedia angkot hidup yang bisa kita percaya neng.. πŸ™‚

  2. yeyalaaaah… dari kantor ke kosan lo kan cuma selemparan batu. lah gw?
    kalo pedoman gw tiap nyasar adalah, cari angkot ke terminal2 di tengah kota macam blok m, pulo gadung, atau kp. melayu. πŸ˜€

  3. Makanya punya pacar, biar bisa minta anter-jemput tiap hari…
    –nanana, bersiul…

    Tips: nyari pacar yang rumahnya deket rumah elu, jangan nyari yang rumahnya daerah bintaro atau tomang, kasian… XD

  4. HEEEEEY! akupun rumahnya kan di suburbaaaaan! jatibening oh jatibening… karena tidak tahan, akhirnya terlempar ke benhil, hihihihi… udah kayak makan asem garem ya neng sama dunia pernge-bis-an dan per-angkot-an -_-

    1. waaah… kedatengan neng Teppy blog gw πŸ˜€
      hahaha akhirnya menyerah sama jatibening ya? eh sekarang kan jalanannya udah di semen, jadi gak becek2 gitu… *jatibening update*
      iyaaa, kayaknya udah (hampir) khatam kalo soal perangkotan mah… πŸ˜€

Leave a Reply

