aaargh!!! · ngomong-ngobrol · transportasi

Aku dan TransJakarta


Gw tau judulnya lame abis. Kayak judul karangan anak SD pas lomba mengarang memperingati 5 tahun TransJakarta dan pemenangnya dapet tiket bis Blok M-Dukuh Atas-MAtraman-Ancol pulang pergi sepuasnya. *garing*

Oke, jadi beberapa waktu terakhir ini gw punya kepentingan untuk naik TransJakarta. Dan rutenya adalah Bundaran HI-Dukuh Atas-Matraman-Kampung Melayu. Sebenernya gampangan gw naik TransJakarta sampe Polda terus nyambung bis apapun yang lewat Jatibening siiiih, tapi berhubung gw itu (kadang suka) pelit, makanya gw maksimalkan naik TransJakarta sepuasnya (beda tipis ya pelit sama norak). 😀

Nah percobaan pertama, 2 minggu lalu. Aman lancar terkendali sampe ke Matraman. Sayangnya karena kekurang-update-an gw atas TransJakarta, jadi gw gak tau kalo dari halte Matraman itu ada dua jurusan, yaitu Kampung Melayu (naik yang bis gandeng) dan PGC (bis biasa). Dan sotoy lah gw naik ke bis yang non-gandeng itu. Alhasil dia ngeloyor aja dooonk pas di Kampung Melayu, gak mampir2 segala. Gw panik, gw kira jangan-jangan ini bis langsung ke Pasar Rebo. Jauh gilak… Tapi denger-denger dari si kenek (petugas?) ternyata bisnya cuman sampe PGC. Aaah… lega… Karena ada angkot yang sekali dari PGC ke rumah gw. Bispun melaju… Eh… ternyata sampe di depan halte BNN (Badan Narkotika Nasional), tanpa pikir panjang gw niat mau turun di situ aja. Karena udah deket ama Cawang, daripada gw mesti turun di PGC, lebih jauh lagi.

Dan gw pun turun. Pas menginjakkan kaki di halte, gw menyadari kalo cuman gw yang sendiri turun di situ dan di halte itu gelap, gak ada lampu yang dinyalain. Bisnya masih ada di depan halte, tapi gw gengsi mau masuk lagi (makan tuh gengsi!). Akhirnya gw pun balik badan siap nyebrang. Tak lupa membaca doa. Pas di jembatan penyebrangan, bener2 gak ada orang sama sekali. Sumpah, baru pertama kali gw di jembatan penyebrangan sendirian. Jam 9 malem pula! Kalo di film horor, gw pasti udah disumpah-sumpahin sama para penonton karena begitu bodohnya dan sok berani sehingga bikin gw jadi sasaran empuk buat jadi korban berikutnya. Hehehe. Alhamdulillah sih gw sampe di sebrang dengan selamat. Dan gw baru inget seharusnya gw turun di halte UKI-Cawang aja. Yang pastinya lebih berprikemanusiaan dan jalannya gak sejauh kalo gw dari BNN. Bodooooh 😦

 

Dan 3 hari lalu, gw mau nyoba turun di Rawamangun/Velodrome, mau ngecek lebih cepet mana kalo gw dari Kampung Melayu. Jadi pas di halte Matraman, gw pun gak turun. Eh… tiba2 gw (kembali) mendengar keneknya bilang “langsung Pulo Gadung, gak berhenti di Velodrome dan TU Gas” WTH??? Matraman udah lewat!!! Sial! Kenapa gak bilang dari tadi sih mas?

Dan batin gw pun berperang, “haduuuh apa gw turun di Pulo Gadung aja yah? Tapi dari Pulo Gadung naik apa?” dan “atau gw minta turun disini deh, mumpung Matraman belum jauh” dan ternyata si bis masih berhenti di sebuah halte (entah namanya apa), dan ternyata (lagi) bisnya juga masih berhenti di halte LIA-Pramuka. Akhirnya gw turuan aja. Daripada gw sampe Pulo Gadung, ribet, mending gw nyambung bis yang berhenti di Velodrome deh… Tapi sayang angan-angan tak jadi kenyataan. Bis-nya gak ada yang lewat. 10 menit nunggu, eh adanya malah bis yang ke arah Matraman (Dukuh Atas). Dan akhirnya gw pun naik bis itu untuk kembali ke halte Matraman, dan ngambil rute normal gw T_T

 

Lesson learned… Lain kali gw beneran bakal naik TransJakarta sampe halte Polda aja, terus lanjut naik bis yang lewat Jatibening. Biar lebih mahal, seenggaknya gak bikin gw gondok… hehehe

19 thoughts on “Aku dan TransJakarta

  1. ikutan kabur ama icha….
    tapi sambil teriak teriak nyukurin…
    ahahahah…

    gw suka juga tuh naek transjakarta…
    mengingatkan dan menyadarkan gw bahwa gw tinggal di kota jakarta..
    ***diucapkan dengan penuh kebanggaan…

    pernah tuh tong..
    gw naek transjogja pas di jogja.. –yaiyalaah.. masak pas di kupang…
    sendirian… karna numpang transit kereta buat nyambung bis lagi…. bawa tas segede gaban…
    iseng iseng nyobain transjogja buat ke terminal terdekat..
    daaan…
    taraaaa….

    gw nyasar ampe prambanan…!!!
    iya… –itu tolong kata kata nya dipertekan…
    ::: PRAMBANAN…

    huahahahha…
    soalnya… abang abang yang jaga itu sebenernya dah ngingetin dari awal kalo bis yang gw tumpangi itu menuju prambanan…
    –tapi pake bahasa jawa halus…
    –sedangkan gw dan kecongkakan gw yang sok ngerti ini…
    akhirnya…
    uh yeeeh…
    cuma bisa nelen ludah..
    pas dikasih tahu ama kondekturnya pake bahasa indonesia…
    —sudah saya kasih tahu tadi dari awal masuk kalo bisnya ini tujuan akhirnya ke prambanan…
    –daaaaannng….
    —itu posisi dah jauh dari peradaban kota….

    –gw…???
    –diem… bawa golok… –ngebacok diri sendiri…

    yaah..
    intinya maah..
    malu bertanya… bawa GPS aja, gaannnn…!!!!
    kalo sok ngerti… sanah… jauh jauh aja ke prambanan….!!!

    pesan moral gw setelah baca postingan elu..
    ehehehe…
    ngeri juga ya kalo jalan berdua ma elu..
    kalo dari kita gak ada yang hobi bertanya ketika sedang dalam kondisi –terindikasi pasti– akan tersesat….
    –gw mikir…
    kayaknya rada rada bahaya…

    —celingak celinguk…
    mencari dukungan pembenaran…

  2. harusnx jdl postingan ini : rute transjakarta jalur 2 dan 3

    makasih mutonk,gw jd tau jalur2 transjakarta selain blokm-glodok.dan udh bwt senyum2 simpul jg sndirian d angkyot.

  3. @ cha : makasih loooh… baik bener situ 😀

    @ okit : hahaha… ah okit, komennya selalu lebih lucu dari postingan gw… cih… 😀
    kemaren pas gw diklat di jogja, gw juga merasakan numpak transjogja… tapi karena emang tempat diklatnya udah deket Prambanan, yang ada gw nyasarnya ke daerah perkotaan. hehehe

    @ roid : ya ampun blog gw dikunjungin sama mas roid!!! hehehe (gpp kan dipanggil mas?). makasiiih udah mampir dan komen 🙂
    cobalah transjakarta pake transit2 dan nikmati perjalanan dari halte dukuh atas 1 ke dukuh atas 2 yang panjaaaang. hehe

  4. ska : naiknya ekspress mbak? gak koperasi taksi? hihihi
    transjakarta itu bodinya gedean dari tiara express, dengan harga sedikit di atas patas/kopaja… 😀

  5. tongkiy…
    kemaren gw liat jembatan transit busway yang mirip sirahtulmustaqim saingan ama tembok besar cina di semanggi itu lagi dibenahi lho…

    apakah ini pertanda…????
    ouugh.. ouggh.. oghh..

    —histeriss….
    bisa orgasme kalo ngebayangin busway depan kantor gatot subroto itu dah jalan…
    hiyaaa….

    –macet gak ya bakalan nanti..?
    tiba tiba ngebayangin daerah kuningan itu… –duh

  6. emang!! bahkan kayaknya lebih panjang daripada jembatan dukuh atas. kenapa dia gak sekalian bikin jembatan jakarta-tangerang yeee… jadi gw ga usah repot naik bis (tapi gempor jalan kaki) hehehe…
    gw rasa sih biar diberlakuin juga, jalurnya tetep bisa dipake kendaraan biasa deh. gokiiil macetnya pasti kalo nggak…

      1. @ Mr. E : hahaha… sadis betul pengalamannya… makanya gw kalo naik TransJakarta mah pas sepi2 aja. kalo lagi jam berangkat/pulang kantor, ngeri… hihi

        @ okiet : sepertinya kita semua punya kenangan indah ya sama TransJakarta 😀

  7. Dukuh Atas disebut berkali kali, jadi inget tempat pijat yg pemijatnya cowo-cowo OK itu hahaha
    Saya g pernah naik TransJ. Pernah ding sekali, waktu tu dari Ragunan trus muter2 ga apal rute, pasrah ikut temen aja.
    Jadi pengalaman lah MutMut, kan sekarang jadi tau rutenya ^^

    1. eh dimana-dimana tempat pijitnya? mau dooonk! hihihi
      aaah gak gaul sekali sih anda… masa naik bus TransJakarta baru sekali
      gampang sih sebenernya… asal rajin2 nanya ama petugas… heheh

      1. Ituloh MutMut yuk kapan kita kesana barengan hihihi
        Iya abisnya kan ada motor, jadi kemana mana naik si Supri walopun kalo ujan gini basahhhh

      2. udah langganan ya? asiiik… kalo pergi sama elo pasti dapet diskon kan? hehehe
        entar kesananya naik TransJakarta? *teteupbiarsesuaitopik* 😀

  8. gw paling suka klo naek baswei (kpanjangan ah kalo nyebutnya TransJakarta, lagian dah enak gituh baswei, gw naek jalanan…) ke Pulo gadung lewat halte dukuh atas 2 dari blok M.

    kan kalo turun di halte dukuh atas 1 harus jalan dulu tuh nyebrang jembatan yang lumayan panjang.

    gw dah brasa di runway aja…
    huahahahahaha

    dan di jembatan itu biasanya bnyk esmud2 yg lagi kongkow sambil ngerokok, benar2 memanjakan mata yg lelah selama perjalanan.

    tapi paling rese’ kalo udah ada mbak2 berjilbab pake seragam yg minta2 sumbangan gitu deh, mana mintanya rada2 maksa gityuh, dengan amplop kucel yang ga jelas juntrungannya.

    Pernah gw dipaksa gituh, ditarik-tarik lengan baju gw supaya ngambil itu amplop (yang dia kira kalo gw terima trus gw bakal nyelipin lima ribuan atau sepuluh ribuan trus nantinya di ujung gang ada mbak2 laennya yg minta amplop itudibalikin), gw kesel kan, trus gw nyolot aja:

    “Apaan sih mbak? Baju saya mahal tauk!”
    *sambil mengibas-ngibaskan lengan

    trus mbak itu langsung bengong.
    gw langsung kembali jalan a la kucing catwalk dengan perasaan menang.
    *am i that bitch?

    1. komennya panjang… saingan sama okit 😀

      iiih natta… gw kan juga berjilbab… :p

      pertanyaan terakhir : yes, you are that bitchy!! LOL

  9. Selamat Malam… Week End enggak ada acara ya mending blogwalking aja. Setelah ngebaca artikelnya, Wiro Sableng ngasih komen begini :

    Klo mo ngirit (norak?) naik busway pagi jam 6 terus muter muter di semua koridornya n baru pulang jam 10 malam. Gimana hayo…

    ….ngacir deh =)) 🙂 …..

    1. makasiiiih udah mampir…
      itu mah kebangetan ngirit dan gak mau ruginya… hahaha
      tapi boleh juga sih buat ngapalin rute 😀

Leave a Reply

